e-KTP Sumedang

Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pelayanan infoduk, pendayagunaan hasil untuk pelayanan publik dan sektor lain.
Administrasi kependudukan yang berintikan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil pada hakikatnya merupakan pengakuan Negara terhadap hak penduduk
dalam dimensi publik dan perdata.
Dalam rangka menciptakan kepemilikan 1 (satu) KTP untuk 1 (satu) penduduk, diperlukan sistem keamanan/pengendalian dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan melakukan verifikasi dan validasi dalam sistem database kependudukan.


a.      UU No. 23 Tahun 2006 Tentang Adminduk
b.      UU no. 52 thn 2009 Tentang Perkembangan                                          Kependudukan  dan Pembangunan Keluarga.
c.      PP No. 37 Tahun 2007 Tentang
 Pelaksanaan UU No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan
d.      Perpres no. 25 tahun 2008 Tentang
Tata Cara dan Persyaratan Pendaftaran Penduduk  dan   Pencatatan Sipil
 e.      Perpres No. 35 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Perpres no. 26 tahun 2009 Tentang Penerapan KTP berbasis nik secara nasional.
f.       Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang No. 1 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Kabupaten Sumedang.
g.      Peraturan Bupati Sumedang No. 88 Tahun 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda No. 1 Tahun 2009.



1.      Memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas
dokumen kependudukan.
2.     
Memberikan perlindungan status hak sipil setiap penduduk.
3.     
Merupakan bentuk pengakuan Negara bagi setiap penduduk.
 
1.      Identifikasi jatidiri, data dalam e-KTP benar-benar menunjukkan identitas diri pemegang e-KTP.
2.      Mencegah terjadinya pemalsuan dokumen maupun dokumen ganda serta mempunyai pengamanan data yang dapat diandalkan.
3.      Untuk mendukung terwujudnya database kependudukan yg akurat, khususnya yg berkaitan dgn data penduduk  wajib KTP yg identik dgn DPT Pemilu yg selama ini sering bermasalah tidak akan terjadi lagi, sehingga semua warga negara Indonesia yang berhak memilih terjamin hak pilihnya;
4.      Dapat mendukung peningkatan keamanan negara sebagai dampak positif dari  tertutupnya  peluang KTP ganda & KTP palsu, dimana selama ini para pelaku kriminal termasuk teroris selalu menggunakan KTP ganda dan KTP palsu;
5.      Bahwa e-KTP merupakan KTP Nasional yang sudah memenuhi semua ketentuan yang diatur dalam      UU No. 23 Thn 2006 & Perpres No.26 Thn 2009  dan Perpres No. 35 Thn 2010.  Dengan demikian mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari Lembaga Pemerintah dan Swasta, karena tidak lagi memerlukan KTP setempat.


 
Program dan kegiatan penerapan e-KTP di Kabupaten Sumedang merupakan kegiatan strategis nasional yang manfaatnya sangat besar bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Oleh karena itu agar pelaksanaannya dapat berjalan secara efektif dan efisien dengan hasil yang optimal maka diperlukan komitmen dari semua pihak baik Pemerintah maupun peran aktif dari semua lapisan masyarakat untuk datang langsung ke tempat-tempat pelayanan mulai bulan Agustus 2011.





39 komentar:

  1. seeeps....semoga benar-benar menjalankan amanah sesuai dengan undang-undang....

    BalasHapus
  2. mantapppppppppppppp follow akhhhh

    BalasHapus
  3. E-KTP saya banyak yg salah.
    udah lapor k desa, katanya mesti k DisDuk sumedang.
    Alamat Dinas Kependudukan Kab. Sumedang dmn y?
    saya cari di google ama Gmaps, ga ada.
    Mohon bantuannya.
    Terima Kasih banyak sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. letak kesalahannya apa? diharapkan datang langsung ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil kab sumedang, jl. pangaduan heubeul no 48, depan damkar jl bypass kalo dari arah bandung sebelum terminal ciakar. dan harus membawa dasar sebagai acuan perbaikan, STTB/SK kalo PNS/Akta kelahiran.

      Hapus
  4. katanya program e-ktp gratis ko tetap aja bayar 5 rb u/ poto & 5 rb lgi buat penebusan e-ktp yg sudah jdi. yg ingin syay tanyakn apakah ini sdah umum se-sumedang atau cuma di tempat sya? mohon informasi nya terima kasih.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. pihak disduk tidak menerima uang apakah u/ poto ataupun u/ penebusan, coba di konfirmasi ke tempat bapak/ibu dilayani.

      Hapus
    2. Nama saya Ali Murtadho asal jatinangor, saya sudah melakukan rekam foto dan data entri pada bulan oktober 2012 di dinas kependudukan dan catatan sipil sumedang kebetulan pada bulan itu saya memindahkan juga ktp istri saya dari tangerang ke jatinangor supaya sama dibuatkan e-ktpnya tapi sampai saat ini belum ada kejelasan tentang kapan selasainya. padahal saya kerja dijakarta dan istri saya juga. kita sering kesulitan untuk masuk ke gedung tanpa meninggalkan KTP. bagaimana solusinya?

      Hapus
  5. Sore Pak Igun
    Alhamdulillah saya menemukan blog ini, semoga blog ini bisa memfasilitasi kami warga sumedang untuk memndapat informasi yang kami butuh kan.
    Pak Igun mohon pencerahan untuk masalah saya
    Data KTP lama & KK baru saya yaitu tanggal lahir saya salah(di akta dan izasah tertera 27 sedangkan di KTP 26).Pada saat saya mendapatkan undangan pembuatan e-KTP saya berharap bisa memperbaiki kesalahan tersebut saat saya ditanya oleh operator desa "apa kah data diri saudari sudah benar?" saya menjawab "salah apk tanggal lahirnya". operator e-KTP tersebut menjawab "oh maap saudari tidak bisa merubah data dari KTP lama oleh operator". Saya bingung kalau tidak bisa diubah saat entri data kenapa operator bertanya "apakah sudah benar atau belum datanya?!.

    Sekarang saya sudah memilki e-KTP dengan tanggal lahir yang salah, nah pertanyaannya sekarang
    1. Bagaimana cara saya memperbaiki tanggal lahir yang salah tersebut?
    2. Kemana saya harus mengajukan perbaikan/perubahan tanggal lahir?
    3. Apa yang dibutuhkan untuk memperbaiki tanggal lahir pada ktp saya?
    4. Berpa lama proses perbaikan data ktp saya?
    5.Berapa Biaya proses perbaikan ktp tersebut?



    Mohon bantuannya pak igun,saya menunggu pencerahan/solusinya karena hal ini sangat saya butuhkan.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr, wb.... smoga kabar baik dan sehat selalu buat saudari wiwin.
      baik sy coba jelaskan.
      1. cara perbaikan data dilakukan dg membuat formulir KK validasi ke tingkat desa/kel, didlm form tsb sudah diperbaiki data yg salahnya, dengan melampirkan : 1-ijazah terakhir/akta kelahiran, 2-Surat pernyataan perbaikan data yg di ttd diatas materai dan diketahui oleh pihak desa/kel. data ktpel mengambil dari data KK, jadi kalao dlm KK sudah benar nanti di ktpel juga akan benar.
      2. Form KK validasi tadi di ttd kan ke Kecamatan lalu diajukan ke Disduk Capil Kab/kota.
      3. yg dibutuhkan adalah Form KK Validasi, Ijazah terakhir/akta kelahiran, Surat pernyataan perbaikan data yg di ttd diatas materai dan diketahui oleh pihak desa/kel. jangan lupa KK dan KTPel yg lama di bawa utk ditarik.
      4. proses perbaikan KK dan KTPel maksimal 14 hari kerja (jika data normal dan jarkomdat kemendagra lancar)
      5. setelah berkas lengkap silahkan saudari datang langsung ke disdukcapil smd utk mendaftar, jgn lupa mengambil no antrian maksimal jam 9. GRATIS...

      Hapus
  6. http://desapasirnanjung.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Ass.wr.wb. Pak Igun
    Saya lahir 10 Januari 1966 namun tanggal lahir pada NIK saya ada kesalahan yaitu 010166 lengkapnya 321105 010166 0008. Saya pernah mengalami penolakan oleh suatu sistem online karena perbedaan tersebut. Bagaimana prosedur memperbaiki NIK saya yang salah? Terima kasih.
    Eka Subyantara

    BalasHapus
  8. saya udah ngisi data e-ktp bulan desember 2014,tpi sampe skarang kok blum ada pengumuman e-ktp yg udah jdi,jdi saya harus dtang kmn untuk nyari tahu e-ktp saya udah jadi/blum?
    mhun solusinya

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. masih ada pungli di desa cikahuripan kab sumedang,biaya e-ktp diminta 100rb/orang...goblok!
    KPK mana KPK?????

    BalasHapus
  11. Untuk sekarang ,tahun 2015 bagaimana cara membuat Ktp,kbetulan anak saya skrg sdh berusia 17 th,saya tinggal di kec jatinangor,setelah dpt surat pengantar,bisa lgs pergi ke dinas kependudukan lgs ke sumedang?biyayanya berapa yah?terimaksih

    BalasHapus
  12. Untuk sekarang ,tahun 2015 bagaimana cara membuat Ktp,kbetulan anak saya skrg sdh berusia 17 th,saya tinggal di kec jatinangor,setelah dpt surat pengantar,bisa lgs pergi ke dinas kependudukan lgs ke sumedang?biyayanya berapa yah?terimaksih

    BalasHapus
  13. Saya dan istri baru bikin e-ktp ,,tp punya saya selesai tp punya istri sy gak bisa,,,katanya istri saya udah pernah bikin e-ktp di luar daerah ,,,padahal belum,,,,,gimana atuh?????

    BalasHapus
  14. Klo untuk pengecekan NIK khusus masyarakat kabupaten Sumedang secara online dimana Gan apa link nya?? Mohon petunjuk!! Tanks

    BalasHapus
  15. Salam sejahtera.. ibu bapak yg terhormat saya mau nanya berapa sih biaya pembikinan e-ktp,kartu keluarga dan akte lahir anak?? Mohon informasinya.. terimakasih

    BalasHapus
  16. Ass,,sy mw mnta tolong e-ktp sy hilang sy cmn mw tw no NIK ea aj atas nama:ujang sunarya jamaludin alamat kmp:cikalong rt/rw:03/01 kec:tomo kab:sumedang bisa di cariin gk kak no NIK ea ?

    BalasHapus
  17. Teh ayu,coba cari kartu keluarganya untuk NIK tertera Di KK,mudah2an bermanfaat terimakasih....

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum.wr.wb. maaf mau tanya apakah pmbuatan e-ktp msih offline? Smp kapan ya limit nya? Sya dh 1 buln mengajukn pmbuatan e-ktp k pihak desa tapi ktanya lgi gangguan. Smntara sya bnar2 buth skrg2 ktp trsebut. Trima ksih

    BalasHapus
  19. Assalamu'alaikum.wr.wb. maaf mau tanya apakah pmbuatan e-ktp msih offline? Smp kapan ya limit nya? Sya dh 1 buln mengajukn pmbuatan e-ktp k pihak desa tapi ktanya lgi gangguan. Smntara sya bnar2 buth skrg2 ktp trsebut. Trima ksih

    BalasHapus
  20. Ad yg kenal bpak gua gak,,? Nama'y asep kurniadi. Klw ad yg kenal send no hpnya yaach. Tmaksih.

    BalasHapus
  21. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kartu kealuarga di dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten sumedang? Benarkah sampai memakan waktu 1bulan??

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum. Saya ingin bertanya, jika pekerjaan di ktp salah bisa diperbaiki atau tidak pak? Saya harusnya pelajar/mahasiswa sedangkan di ktp belum/tidak bekerja

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Selamat siang, maaf kalau pembuatan e-ktp syaratnya apa aja?
    Saya pelajar SMK usia saya udah 17 th lebih, sudah bisa buat e-ktp apa belum?

    BalasHapus
  25. maaf pa mau nanya,sebenernya bikin e ktp sama Kartu keluarga gratis apa bayar?
    soal nya kalo d desa saya,saya mau bikin KK sama ktp di minta in biaya, jd gan ceritanya katanya gratis, menurut pemerintah juga

    BalasHapus
  26. Untuk ktp anak apa sudah bisa dibuat.? Mohon infonya..nuhun.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. jika butuh bantuan masalah jasa pelet,santet yang terjamin mujarab
    silahkan langsung kunjungi situs web https://dukunsantetdanilmupeletterhandal.blogspot.co.id/
    atau langsung
    anda hubungi nomer hp beliau.
    085256886040
    kami sdh membuktikanya langsung bersama dgn beliau berkat bantuanya syukur alhamdulillah
    sdh berhasil memecahkan masalah kami tampah ada masalah/efek samping dri ritual ghoib beliau.

    BalasHapus
  29. jika butuh bantuan masalah jasa pelet,santet yang terjamin mujarab
    silahkan langsung kunjungi situs web https://dukunsantetdanilmupeletterhandal.blogspot.co.id/
    atau langsung
    anda hubungi nomer hp beliau.
    085256886040
    kami sdh membuktikanya langsung bersama dgn beliau berkat bantuanya syukur alhamdulillah
    sdh berhasil memecahkan masalah kami tampah ada masalah/efek samping dri ritual ghoib beliau.

    BalasHapus
  30. Ngadamel KTP ti sateu acan pilkada ayena tos bade pilkada dei. Di foto tos 4 kali. Teu acan janten keneh wae? Kinten kinten naon masalahna nya? Punten ah hoyong pencerahan.

    BalasHapus
  31. Assallamualaikum, saya mau tanya kalo NIK KTP saya kenapa tidak aktif dan harus bagaimana untuk mengaktifkan NIK saya? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  32. Saya sudah rekaman 2x di kecamatan tjkerta..tapi anehnya data tidak muncul ..tapi terdaftar di dpt. Sedangkan saya gak punya KTP..ada juga KTP 2009.identitas kok kok bisa gak ada...ibarat motor tanfa surat surat

    BalasHapus